12 October 2014

11 Tugas Maintenance Rumah Secara Berkala

11 Tugas Maintenance Rumah Secara Berkala


ide RUANG | Rumah Anda adalah istana Anda demikian istilah yang populer digunakan. Memiliki rumah agar dalam keadaan prima seringkali bukanlah pekerjaan yang mudah dilakukan dan menyenangkan. Bila Anda memiliki rumah, Anda harus proaktif jika rumah Anda ingin tetap dalam baikdan terjaga. Ini berarti Anda harus mencegah masalah-masalah yang dapat muncul terhadap kondisi rumah Anda dikemudian hari, bukan hanya bertindak terhadap ketika masalah-masalah sudah muncul.

Ini berarti juga Anda sebaiknya membuat daftar pemeliharaan berkala rumah Anda. Berikut ini adalah 11 tugas berkala pemeliharaan yang perlu Anda lakukan setidaknya sekali setahun.




1. Lampu dan Kelistrikan
Uji dan periksa kelengkapan semua sistem penerangan listrik seperti
lampu, saklar, stop kontak, terminal listrik dan mungkin cek setiap lampu yang rusak, pecah, atau hilang.  Jika Anda harus mengganti lampu Anda dan ingin menhemat anggaran tagihan listrik di rumah Anda, maka Anda sebaiknya mencoba beralih ke lampu dengan teknologi LED yang sekarang banyak beredar. Akan lebih baik lagi pilih yang bergaransi. Namun  bila Anda menemukan sistem kelistrikan yang bermasalah mungkin pada kabel yang sobek ataupun yang dapat membahayakan rumah Anda segera saja panggil tukang listrik untuk memperbaikinya.






2. Karpet atau Permadani
Pastikan bahwa karpet atau permadani Anda berada dalam kondisi baik. Periksa dengan seksama apakah Anda melihat ada yang sobek, noda atau sesuatu yang membekas? Anda sebaiknya menghubungi tukang reparasi spesialis karpet atau permadani untuk menanganinya. Jika itu tidak berhasil seperti yang Anda harapkan maka Anda mungkin harus mengganti karpet atau permadani tsb.



3. Alat Pemadam Kebakaran
Mungkin Anda memiliki alat pemadam kebakaran di rumah. Periksa tanggal kedaluwarsa pada alat pemadam untuk memastikan bahwa ia masih bekerja dengan baik. Jika telah kadaluwarsa bawalah kepada lembaga/petugas yang dapat memeriksa dan mengganti atau mengisi kembali alat pemadam kebakaran agar diperbaharui.



4. Saluran Ventilasi  Udara
Cek saluran dan ventilasi udara di rumah Anda agar selalu terjaga kebersihannya. Baik dari kotoran debu ataupun mungkin sarang serangga.


5. Air Conditioner(AC)
Sangatlah penting di rumah Anda memiliki filter saluran udara AC yang bersih. Cek minimal 1 tahun sekali baik anda lakukan sendiri maupun oleh petugas profesional.



6. Pest Control
Salah satu masalah pemilik rumah yang sering dihadapi adalah adanya serangga dan hama pengganggu lainnya seperti tikus, rayap ataupun kecoa. Bila Anda tidak dapat mengatasi sendiri hubungi petugas profesional tentang pest control.


7. Saluran Air
Periksa saluran air, pipa air,  selang atau kran yang terpasang. Jika sudah aus atau ada kebocoran maka segera ganti komponen yang diperlukan. Baik Anda ganti sendiri ataupun memanggil tukang pipa air.


8. Water Heater atau Pemanas Air
Periksa pemanas air di rumah Anda apakah masih berfungsi dan bekerja optimal? Cek saluran-salurannya, apakah ada kebocoran? Panas masih Optimal? Bila ada masalah yang membahayakan segera hubungi teknisi pemanas air terpercaya.


9. Enterances
Periksa pintu gerbang ataupun pengangan tangga rumah Anda. Mungkin ada potensi gangguan, seperti pegangan tangan yang kendor atau berkarat  ataupun mungkun engsel pintu atau jendela yang berubah posisi yang perlu diperbaiki.

10. Cat
Periksa cat di rumah  Anda, barangkali Anda menemukan cat yang sudah mengelupas, pecah dan berjamur karena lembab ataupun sudah pudar warnanya. Ada baiknya Anda segera mengecat ulang. untuk dinding luar pilihlah cat yang dikondisikan tahan terhadap cuaca sehingga akan lebih awet.

11. Lapisan Anti Bocor atau Water Proof
Cek bidang-bidang rumah Anda yang rawan dan rentan terhadap air seperti dinding dekat KM/WC, atap bagian talang ataupun kerpus/nok. Bila Anda menemukan masalah mungkin retakan selembut rambut sebaiknya segera diperbaiki dan segera pula lapisi dengan Lapisan Water Proof apalagi menghadapi musim hujan.

Bila mungkin dirasakan belum lengkap, bisa Anda tambahkan dalam daftar perawatan sesuai keadaaan dan kebutuhan perawatan berkala rumah Anda.








Semoga bermanfaat...

Salam Sejahtera...


No comments:

Post a Comment