12 October 2014

10 ide Membersihkan Kamar Mandi Mengkilat Seperti di Hotel

 10 ide Membersihkan Kamar Mandi Mengkilat Seperti di Hotel

ide RUANG | Menjaga kamar mandi selalu dalam keadaan bersih secara teratur memang tidaklah semudah membalikkan telapak tangan, terutama bila Anda memiliki kesibukan yang padat dan keluarga yang besar. Apalagi bila Anda ingin membandingkan KM/WC Anda dengan keadaan KM/WC hotel yang sangat terawat mungkin Anda akan merasa kesal. Namun janganlah khawatir, hal itu tidaklah mustahil memiliki KM/WC terawat seperti layaknya di hotel. 





Jika Anda ingin mendapatkan kebersihan kamar mandi Anda sampai ke standar hotel maka berikut ini adalah beberapa langkah yang dapat Anda lakukan:


1. Debu dan Vacuum cleaner
Salah satu hal terpenting yang membuat Kamar Mandi(KM/WC) hotel terlihat sangat bersih dan sempurna adalah memastikan KM bebas dari debu dan helai rambut/bulu-bulu yang rontok. Gunakan vacuum cleaner dan  kain berserat halus untuk  mengelap dan membersihkan setiap bagian bersih dari debu dan rambut atau bulu halus yang rontok.


2. Naikkan Suhu
Sebuah rahasia yang terjaga tentang kebersihan KM/WC hotel adalah dengan memanaskan suhu permukaan bak mandi dan ubin 10 derajat di atas suhu udara rata-rata ruang. Hal ini akan meningkatkan secara efektif untuk menghilangkan unsur alkali/basa. Cara tercepat dan termudah untuk memanaskan ubin dan bak mandi adalah dengan merendam atau mengguyur air panas ke dalam bak ataupun permukaan ubin KM/WC Anda.




3. Semprot
Dimulai dengan mengeringkan bak mandi. Berikutnya semprotkan cairan pembersih antibakteri ke dalam kolam, ubin di dinding, lantai, wastafel  ataupun kloset KM/WC Anda. Semprotkan secara berurutan dari arah atas ke bawah, dari permukaan dan bidang  yang letaknya tertinggi untuk menghidari tumpang tindih pekerjaan.


4. Ratakan
Untuk memastikan seluruh permukaaan kolam, ubin di dinding, lantai, wastafel ataupun kloset menjadi bersih, gunakan spon ataupun kain pembersih untuk meratakan penyebaran larutan pembersih antibakteri tsb. Hindari kesalahan umum yang terlalu banyak menyeprot dan menyeka hanya pada satu area tertentu.



5. Biarkan Sementara Waktu
Kesalahan umum yang banyak terjadi adalah terburu-buru dan langsung menyeka cairan pembersih setelah disemprotkan ke bidang permukaan yang akan dibersihkan. Untuk memastikan cairan pembersih disinfektan bekerja secara efektif, biarkan atau diamkan cairan tersebut sementara waktu sekitar 5-10 menit.




6. Gosok
Setelah cairan pembersih cukup waktu didiamkan, gosok dengan sikat atau scrubbing pad bidang permukaan - permukaan yang akan Anda bersihkan tsb.




7. Bilas Sampai Bersih
Langkah ini untuk memastikan partikel-partikel kotoran yang telah diikat cairan pembersih disinfektan ikut terguyur air bilasan sehingga bidang permukaan menjadi bersih. Ulangi dan bilas permukaan sampai benar-benar bersih dan tentunya bau aroma khas yang ditimbulkan dari bahan kimia disinfektan bisa ikut hilang.



8. Keringkan
Setelah dibilas ambil kain katun atau handuk kering dan bersih untuk mengeringkan bidang permukaan tsb.  Pastikan betul-betul kering agar tidak tersisa dan meninggalkan noda.


9. Cermin dan Kaca
Cukup semprotkan larutan pembersih kaca ke permukaan cermin dan kaca, lalu lap permukaan cermin dan kaca dengan kain kering sampai kering dan tentu saja menjadi bersih tanpa noda.


10. Bersihkan Lantai
Mulailah dari ujung KM/WC itu dengan arah berlawanan terhadap pintu KM/WC dan kembali ke arah menuju pintu keluar KM/WC. Dengan demikian Anda telah melakukan pekerjaan tanpa meninggalkan jejak dari lantai yang telah anda bersihkan sambil menuju pintu keluar KM/WC Anda.


Semoga bermanfaat dan KM/WC Anda menjadi bersih dan kinclong....


Salam Sejahtera...














 







sumber:
ohsimply.com
 




sumber: 
ohsimply.com

No comments:

Post a Comment