06 February 2015

Karakter Warna pada Color Wheel atau Roda Warna

ide ruang – Pemilihan warna yang tepat dapat memberi nilai lebih pada tatanan dan desain ruang bangunan Anda. Karakter warna yang dipilih dan ditampilkan dapat memberi pengaruh suasana hati seseorang.
- Warna cerah dan terang dapat memberi pengaruh untuk lebih bersemangat. 
- Warna pastel memberi andil suasana menjadi lebih tenang dan rileks.

Penerapan atau pengaplikasian beberapa warna dapat terlihat
lebih gelap saat digunakan pada tembok di dalam gedung, namun warna yang sama juga bisa terlihat terang di luar ruangan krena pengaruh cahaya, baik cahaya matahari ataupun paparan sinar lampu.
Mengingat besarnya pengaruh warna terhadap karakter dan mood yang diinginkan, maka bila Anda berencana memberi sentuhan warna pada rancangan bangunan Anda, ada baiknya Anda mengenal karakter/sifat-sifat yang digambarkan dari warna tertentu.



Color Wheel atau Roda Warna di atas, merupakan susunan warna yang menggambarkan turunan/gradasi warna-warna. Adapun sifat warna dan sebutan yang muncul dari kombinasi dari warna-warna tersebut yaitu:

•    warna yang berani :  warna yang terletak pada posisi yang langsung berlawanan pada Color Wheel satu dengan yang lain.
Contoh : turunan wana biru dan turunan warna kuning

•    warna yang saling melengkapi  : jika warna tersebut diletakkan berdampingan, maka akan menambah intensitas warna
Contoh : turunan wana biru tua dan warna biru agak muda

•    warna monokromatik : Sedangkan untuk warna yang lebih konservatif dan bukan warna berani, maka pilihlah beberapa variasi terang dan gelap pada warna yang sama.
Contoh : warna hijau tua dan hijau muda.




Baca juga:


No comments:

Post a Comment